Home

Saturday, March 12, 2011

Latihan Pembentukan Otot Dada

Posted by Arfiyan Setiawan | On: , |
Latihan Dada Pembentukan otot dada sering menjadi pertanyaan. Pertanyaan sederhana yang sering muncul adalah apakah Push up setiap hari bisa membantu? Lalu pertanyaan yang lebih tinggi lagi adalah seberapa sering saya boleh melakukan Bench Press? Seberapa Sering?

Mungkin banyak dari anda yang kaget, karena latihan dada yang selama ini dilakukan setiap hari ternyata dilarang karena dapat menyebabkan kelelahan pada otot dada dan akhirnya otot tersebut tidak sempat tumbuh. Ini yang sering kami sarankan, latihanlah satu kali sampai maksimal dua kali dalam seminggu. Tapi masih ada tambahan embel-embel dibawahnya “Lakukan dengan keras”.

Ya! Latihan keras sangat sangat diperlukan untuk pembentukan otot. Jika kita melakukan latihan otot dada hanya sebentar 1-2 set lalu selesai...itu akan percuma. Otot anda akan merasa tidak ada tantangan dan merasa tidak perlu berkembang. Bisa dikatakan otot anda sama dengan sifat manusia saat sekolah. Jika gurunya sering memberikan tes yang sulit maka akan lebih terpacu untuk belajar (atau mencontek??). Begitu juga otot anda akan terpacu untuk membentuk lebih besar jika anda berlatih lebih keras dalam sekali latihan.

Sudah Berlatih Tapi Tidak Berhasil

Ya, ini pertanyaan lanjutan bagi beberapa orang. Latihan yang keras diperlukan, tetapi jika masih belum berhasil, maka ada beberapa hal yang perlu anda periksa, yaitu:

1. Benarkah gerakan anda?
2. Sudahkah anda beristirahat?
3. Cukupkah protein anda?
4. Apakah latihan anda sudah divariasikan?

Dari 4 pertanyaan tersebut anda bisa tahu bahwa ada banyak faktor yang menentukan pertumbuhan otot. Selain genetik anda tentunya.

Untuk membantu menjawab pertanyaan nomor 4 maka kami memberikan contoh alternatif latihan untuk pembentukan otot dada:

Cable And Machine Session

Cable Crossover 4 set x 12 reps
Butterfly / Pec Dec 4 set x 12 reps
Dumbbell Pullover 4 set x 12 reps

Dumbbell Session

Incline Dumbbell Flyes 4 set x 12 reps
Decline Dumbbell Flyes 4 set x 12 reps
Dumbbell Flyes 4 set x 12 reps
Dumbbell Pullover 4 set x 12 reps

Kedua latihan pengganti ini bisa anda gunakan dalam 1-2 bulan untuk menggantikan rutinitas latihan biasa. Setelah itu anda bisa menggantinya dengan latihan lainnya.
Tetap berlatih dan keep on fire!