Home

Saturday, March 12, 2011

Seorang Pria Tewas Usai Main Game Online

Posted by Arfiyan Setiawan | On: , |
SEORANG pria berusia sekitar 30 tahun meninggal setelah bermain game online tiga hari berturut-turut di sebuah kafe internet di luar kota Beijing, China. Kejadian itu membuat pemerintah Negeri Tirai Bambu berupaya mengurangi kecanduan internet yang menyerang puluhan juta warga China.

Saking menikmati permainan, pria tersebut rela tak tidur dan nyaris tidak makan. Setelah tiga hari bermain, pria tersebut mengalami koma dan sempat dirawat selama sepekan di sebuah klinik. Tapi nyawanya tak dapat tertolong lagi.


Saksi mata mengatakan, Selasa (22/2), pria itu menghabiskan lebih dari 10 ribu Yuan atau sekitar Rp13,5 juta bermain game internet. Ia jarang meninggalkan komputernya selama tiga hari berturut-turut.


Polisi pun menyelidiki kasus tersebut. Sejumlah komputer di kafe internet itu disita guna penyelidikan kasus. Tetapi, polisi belum menahan operator kafe karena mengenyampingkan motif pembunuhan.


Pemerintah setempat khawatir kecanduan internet yang terjadi pada pria itu menimpa warga lain. Menurut data sebuah penelitian, remaja pecandu internet di China mencapai angka 33 juta orang. Sayangnya, kafe internet tak berizin pun menjamur hingga pelosok negeri.


Pemerintah China telah mengambil serangkaian langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini. Pihak berwenang memerintahkan operator video game online untuk mengizinkan orang tua ikut memantau anak-anak mereka bermain.