Home

Saturday, September 18, 2010

Indonesia Pulang dengan Tangan Kosong, Cina Pastikan Tiga Gelar

Posted by Arfiyan Setiawan | On: , |
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tuan rumah Cina telah memastikan meraih tiga gelar dalam turnamen bulutangkis Super Series China Masters sekalipun pertandingan final baru akan digelar Ahad (19/9).

Gelar pertama akan diraih Cina melalui ganda campuran setelah pasangan Xu Chen/Yu Yang mengalahkan unggulan pertama asal Indonesia Nova Widianto/Liliyana Natsir 21-11, 21-17 pada semifinal turnamen berhadiah total 250 ribu dolar AS yang berlangsung di Changzhou, Cina, Sabtu.

Pada final, Xu Chen/Yu Yang akan menghadapi sesama pasangan China Tao Jiaming/Tian Qing yang mengalahkan pasangan Cina lainnya He Hanbin/Ma Jin 7-21, 21-12, dan 21-14.

Gelar kedua akan diperoleh negara bulu tangkis terkuat di dunia itu melalui tunggal putra saat unggulan keempat Lin Dan bertemu rekan senegaranya unggulan ketujuh Chen Long. Lin Dan maju ke final setelah mengalahkan Wang Zhengming 21-12, 21-17, sedang Chen Long menundukkan unggulan kelima Bao Chunlai 21-18, 21-12.

Gelar ketiga diperoleh melalui final sesama ganda putri Cina saat pasangan Bao Yixin/Lu Lu yang menang atas unggulan pertama Cheng Wen Hsing/Chien Yu Chin dari Taiwan 21-17, 11-21, dan 21-17, bertemu unggulan kelima Wang Xiaoli/Yu Yang yang menyisihkan unggulan kedua Cheng Shu/Zhao Yunlei 21-18, 21-16.

Negeri Tirai Bambu itu juga berpeluang menyapu bersih gelar karena mereka juga meloloskan pada dua nomor lainnya, yakni unggulan kedua Wang Xin pada tunggal putri yang akan bertemu unggulan keempat Tine Baun dari Denmark, dan unggulan kelima Fu Haifeng/Cai Yun pada ganda putra yang akan bertemu pasangan Korea Selatan Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong.

Bagi Indonesia, kekalahan Nova/Liliyana berarti Indonesia tidak mempunyai satu wakil pun pada final, setelah pemain-pemain lainnya sudah tersisih lebih dulu.

Partai final turnamen tersebut yang akan dilaksanakan Ahad (19/9) dimulai pukul 13.00 waktu setempat dengan pertandingan ganda campuran sebagai partai pembuka.